d

Minggu, 23 November 2014

Hadist Tentang Kedisiplinan

Ust. Drs. Masdan Sutan Panis
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُولُ إِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الصَّبَاحَ وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الْمَسَاءَ وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ
Dari Ibnu Umar Radhiallahu Anhuma, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memegang pundakku, lalu bersabda: Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau pengembara. Lalu Ibnu Umar Radhiallahu Anhuma berkata: “Jika engkau di waktu sore, maka janganlah engkau menunggu pagi dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menunggu sore dan pergunakanlah waktu sehatmu sebelum kamu sakit dan waktu hidupmu sebelum kamu mati”. (HR. Bukhari, Kitab Ar Riqaq)
Hadits di atas mengajarkan kepada kita bahwa dalam hidup ini kita harus menjadi manusia-manusia yang disiplin. Oleh karenanya kita dapati banyak ayat alquran dimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala bersumpah dengan waktu. Seperti firman-Nya,
وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ (يس: 38)
“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui”. (Yasin: 38)  
Ayat yang mulia ini telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallamkepada Abu Dzar Radhiallahu Anhu:
يا أبا ذر أتدري ما مستقرها ؟ فقال أبو ذر : الله ورسوله أعلم . قال صلى الله عليه وسلم : مستقرها أنها تسجد تحت عرش ربها عز وجل ذاهبة وآيبة بأمره سبحانه وتعالى
 “Wahai Abu Dzar, tahukah engkau apa mustaqarr (tempat peredaran) nya?” Abu Dzar menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu.” Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “tempat peredarannya yaitu bahwasannya matahari bersujud di bawah ‘arsy Rabbnya ‘Azza wa Jalla, pergi dan kembali dengan perintahNya Subhanahu wa Ta’ala. (HR. Bukhari, Muslim dan lainnya)
Yaitu sujud yang hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengetahui caranya. Semua makhluk bersujud dan bertasbih kepada Allah Jalla wa ‘Ala dengan cara yang hanya diketahui oleh-Nya. Adapun kita tidaklah mengetahui dan tidak pula memahaminya.
Matahari berjalan sesuai dengan perintah Allah, terbit dari arah timur dan terbenam di arah barat sampai masa yang ditentuka. Ketika sudah mendekati hari kiamat maka matahari akan terbit dari tempat terbenamnya, dan itulah salah satu tanda besar hari kiamat sebagaimana telah mutawatir hadits-hadits dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalla tentangnya. Apabila telah habis alam ini dan tiba hari kiamat maka matahari pun digulung.
Begitu juga dengan perjalanan bulan, ia berjalan di tempatnya sesuai dengan perintah Allah Ta’ala.


3 komentar:

  1. If you're trying hard to lose kilograms then you absolutely have to try this brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and professional chefs have united to provide keto meal plans that are effective, suitable, economically-efficient, and delightful.

    Since their first launch in January 2019, 1000's of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a good keto meal plan can provide.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus
  2. Sangat memotivasi dan membantu apa yg tadinya lupa jadi ingat

    BalasHapus